BAB 5 Pemasaran Menggunakan Surat Elektronik (Email Marketing)

Pengertian Email Marketing

 1. Konsep Email Marketing

Email marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media internet dan surat elektronik dengan tujuan menjalin hubungan dan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.
Pemasaran menggunakan surat elektronik memiliki tujuan untuk menjual,nmempromosikan, menginformasikan, menjalin hubungan serta membujuk konsumen yang dikemas dalam bentuk newsletter atau surat elektronik promosi.

Beberapa alasan mengapa surat elektronik menjadi salah satu teknik pemasaran yaitu :
 a. Cepat dan sederhana. surat elektronik dapat dikirim dalam skala besar(banyak konsumen), konten  atau isi surat elektronik dapat dibuat berbeda-beda sesuai dengan detail kontak konsumen. Hanya dengan menekan tombol kirim maka semua surat elektronik yang telah di desain langsung terkirim, begitu cepat.
b. Jangkauan. Surat elektronik sebagai alat yang ideal untuk pemasaran langsung terutama dengan target pasar yang tersebar dibeberapa lokasi geografis.
c. Hemat. Biaya yang dikeluarkan sangat murah dibandingkan dengan pilihan pemasaran tradisional seperti media cetak, televisi dan radio, Hemat biaya karena buget yang dikeluarkan per kontak surat elektronik ditambah dengan berlangganan bulanan aplikasi/layanan surat elektronik dan biaya koneksi yang digunakan untuk mendistribusikan surat elektronik sangat murah jika dibandingkan dengan media cetak dan ongkos pengirimannya.
d. Membangun/menjalin hubungan, dengan mengirim surat elektronik kepada konsumen secara teratur dari waktu ke waktu. konsumen merasa diperhatikan, dimana hal tersebut merupakan kunci untuk menjalin hubungan. Nawala (newsletter) merupakan contoh tentang bagaimana surat elektronik pemasaran dapat tetap menjaga hubungan dengan konsumen.
e. Meningkatkan grafik(tingkat/banyaknya kunjungan pengguna). Surat elektronik dapat membantu meningkatkan kunjungan pengguna internet ke website perusahaan hal ini terjadi ketika konsumen mengklik link konten yang mengarahkan ke website perusahaaan tersebut.

Terdapat 2 jenis surat elektronik komersial yaitu :

 a) Surat elektronik promosi(email promotion)
Merupakan alat komunikasi berupa surat elektronik yang dirancang dan dibuat berdasarkan tujuan tertentu, dimana konsumen diharapkan langsung melakukan tindakan atas informasi yang dikirimkan, biasanya berisikan informasi penawaran produk, diskon, musik gratis, voucher dan lain-lain.
b) Retention based emails(newsletter/nawala)Merupakan alat komunikasi berupa Surat elektronik yang digunakan dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu berhubungan dengan urusan bisnisnya.

2. Bagian Dari Surat Elektronik

a) Preheader

Preheader adalah satu atau dua baris teks yang ditampilkan di bagian atas surat elektronik(header). Baris teks tersebut yang akan mengarahkan pengguna surat elektronik untuk "Melihat surat elektronik secara online". Dengan semakin banyak orang melihat surat elektronik di ponsel, preheader juga dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan surat elektronik ke versi mobile.
b) Header 
Bagian header terdiri dari "ke(To)", "dari(From)" dan "membalas(Reply)",pada bagian ini dapat dipergunakan untuk membangun hubungan dengankonsumen. Pembaca(pemilik surat elektronik) akan merasa dirinya spesialdan memahami bahwa nawala/newsletter tersebut unik dan dikirim kepribadi oleh pengirim. Menggunakan alamat surat elektronik perusahaanpribadi(misalkan andi@namaperusahaan.com) untuk "membalas" dapatmenciptakan keakraban.
c) Subyek LineBagian/Baris subjek dapat menjadi bagian terpenting dari surat elektronikbaris subjek membantu pembaca dalam mengidentifikasi surat elektronik,dan juga menarik pembaca untuk membukanya. Baris subjek juga ditelitioleh filter spam, dan Anda harus menghindari menggunakan karakter, yaitu$ 2 # % & ^ ^ % # # # atau ! ! !. Baris subjek yang konsisten,menggunakan nama perusahaan dan edisi buletin, dapat membangunkeakraban dan membantu pembaca untuk menyortir surat elektronik pada kotak masuk.
d) Personalisasi UcapanDengan basisdata yang memiliki kemampuan untuk menyimpan namapembaca, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan personalisasi ucapan dari surat elektronik . " Hi Dewa Surya " atau “Aplikasi Terbaik untuk Dewa Surya” hal tersebut dapat menimbulkan tanggapan jauh lebih baik dibandingkan "Konsumen yang Terhormat", Kadang-kadang, baris subjek dapat dipersonalisasi juga untuk meningkatkan respon.
e) Body(tubuh)Pada bagian ini isi surat elektronik dibuat. Jangan tergoda untukmenggunakan terlalu banyak gambar karena dapat meningkatkan ukuransurat elektronik, dan mengaburkan isi bila gambar tidak berhasilditampilkan.
f) Footer 
Bagian footer pada surat elektronik dapat membantu untuk membangunkonsistensi, dimana perusahaan dapat menempatkan rincian kontak yangmencakup nama dan kontak email perusahaan. Hal ini dapat jugamencakup kebijakan privasi pengirim . Salah satu cara untuk menambahdaftar alamat surat elektronik adalah menambahkan link "teruskan keteman " di footer. Bagian paling penting dari footer adalah linkunsubscribe (link berhenti berlangganan).

3. Etika penggunaan surat elektronik

Etika dalam penulisan surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal.

 Beberapa hal penting dalam penggunaan surat elektronik yaitu :  
a. Jangan biarkan kolom subjek kosong.  
b. Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yangterlalu besar (lebih dari 512 KB). Tidak semua orang mempunyai aksesInternet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserverpenerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya, 
c. Jangan mengirim teruskan (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju. 
d. Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip sesuaidengan hal yang ingin disampaikan, lebih baik tidak mengutip seluruhtulisan orang itu. Dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagianyang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu dandalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta, kutip sesedikitmungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
e. Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan Anda berteriak.
f. Gunakan huruf dan kata-kata yang mudah terbaca (Contoh yang salah misalkan mau menyampaikan “apa kabar” dirubah menjadi “4pa K4B4r”) 
g. Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

4. Merencanakan, Membuat, Menguji, Dan Mendistribusikan 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar