BAB 4 Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial

1. Pengertian Media Sosial 
Geocities yang dipublikasikan pada tahun 1994, merupakan salah satu situsmedia sosial pertama . Konsep ini dibagi kepada para pengguna untuk membuatwebsite mereka sendiri, misalnya; ditandai dengan salah satu dari enam "namakota" yang dikenal dengan karakteristik tertentu. Sosial Mediaadalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisadengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaringsosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial termasuk facebook,LinkedIn dan wiki merupakan bentuk media sosial yang palingumum digunakanoleh masyarakat di seluruh dunia.Media sosial berbeda dari media industri / tradisional dalam banyak hal,termasuk kualitas, jangkauan, frekuensi, kegunaan, kedekatan, dan keabadian.Ada banyak efek yang berasal dari penggunaan internet. Menurut Nielsen,pengguna internet terus menghabiskan lebih banyak waktu dengan situs mediasosial daripada jenis situs lainnya. Pada saat yang sama, total waktu yangdihabiskan untuk mengakses media sosial melalui PC dan perangkat mobile diAmerika Serikat meningkat sebesar 37 persen menjadi 121 miliar menit pada Juli2012 dibandingkan dengan 88 miliar menit pada bulan Juli 2011. Untukkontributor konten, manfaat berpartisipasi dalam media sosial telah melampaui berbagai komunitas sosial untukmembangun reputasi dan peluang karir sertapendapatan keuangan, seperti yang dibahas dalam Tang, Gu, dan Whinston (2012). 

2. Pemanfaatan Viral Marketing
Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, ataupemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilahyang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaringsosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatankesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (sepertipenjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini seringdianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet  danjaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenaljuga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Hal ini dapatdisampaikan dari mulut ke mulut atau ditingkatkan oleh efek jaringan internet danjaringan mobile.Viral marketing dapat berupa klip video, game interaktif Flash, advergames,ebooks, software brandable, gambar, pesan teks,pesan email, atau halaman web.Kendaraan yang paling sering digunakan untuk pesan virus meliputi:berbasis pass-along,berbasis insentif, berbasis trendi, dan berbasis penyamaran. Namun, sifat kreatif viral marketingmemungkinkan sebuah "jumlah potensial yang bentuknya tak berujung dan pesan sebagaikendaraan yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan transmisi kecepatanpengirimannya", termasuk juga melalui perangkat mobile. Istilah " VRL marketing " juga telah digunakan untuk merujuk kepada pengertian yang merendahkan kampanye pemasaran, sepertipenggunaan yang tidakbermoral (stealth astroturfing) secara onlinedikombinasikan dengan iklan  undermarket(memerlukan klarifikasi) di pusat perbelanjaan untuk menciptakan kesan kata-kataspontan secara antusias.Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melaluipemanfaatan database pengguna Internet dengan status ‘free’ (gratis) yang telahterdaftar dan digunakan secara massal. Contoh yang dapat diambil adalah situsweb surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan GMail, yang selainmemberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
Pemasaran viral adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yangmenjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan, dengan melihat tingginya animomasyarakat yang selalu terhubung koneksi internet untuk mengakses fitur-fiturgratis (yang sebenarnya telah diselipkan berbagai macam link yang menjaditerapan dari pemasaran viral). Ide kreatif sangat diperlukan dalam jenispemasaran ini karena masyarakat pengguna internet cukup kritis dalam memilah informasi mana yang murni sebagaiinformasi dan mana yang merupakanstrategi bisnis.
Untuk melakukan viral marketing dapat bekerja dengan baik dengan mempertimbangkan etika penyampaian atau penggalian informasi, sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut;

1) Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukanuntuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus:para ahli pasar, hub sosial, dan penjual. Para ahli pasar sebagai individu yangterus-menerus ‘melakukan menyampaikan informasi' mengenai (informasikhusus tentang produk yang dipasarkan), mereka biasanya melakukan pengiriman pesan ke berbagai jejaring sosial yang mereka kelola atau mereka sebagai anggota grup dari jejaring social tersebut. Hubungan sosial antaraorang-orang dengan kelompok hubungan sosial yang sangat besar, merekasering berhubungan dengan ratusan atau bahkan ribuan orang yang berbedadan memiliki kemampuan untuk melayani sebagai konektor atau jembatan antarasubkultur yang berbeda. Jaringan pemasaran mungkin diperlukan oleh parapenerima pesan dari para ahli pasar, memperkuat informasi yang disampaikandengan membuatnya menjadi lebih relevan dan persuasif, kemudianmengirimkannya ke jejaring sosial untuk distribusikan lebih lanjut. Para pakar pasar mungkin dapat melakukan penyampaian pesan yang sangat tidak meyakinkan dalam pengiriman informasi.

2) Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapatdite ruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomenaviral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebihmenyebar, seringkali bukan soal perubahan besar tapi sedikit penyesuaian tentang gaya informasi yang lebih layak untuk dapat disampaikan pada area jejaring social yang lebih dikenali karakteristiknya dengan gaya pesan tertentu.

3) Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viralmarketing yang sukses - perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untukdapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitifterhadap lingkungan. Waktu dan konteks peluncuran kampanye pesan dapat disampaikan dengan benar.

Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing,
antara lain sebagai berikut;
• Layanan partisipasi pelanggan dan polling
• kontribusi organisasi-Industri khusus
• mesin pencari internet dan blog
• integrasi smartphone Ponsel
• Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung
• layanan web target pemasaran
• Search engine optimization (SEO)
• Sosial media optimasi (SMO)
• Televisi dan radio

Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain :
1. Berkumpulnya Profil dalam media sosial
2. Kedekatan Analisis pasar
3. Analisis Real-time ketepatan Kata kunci

3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook, linkedin, twitter, pinterst)
Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Ada begitu banyak orang yang menghabiskan sejumlah besar waktu pada platform Facebook untuk berkomunikasi dengan orang-orang.
 Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
1) Gunakan Tab Customized, ketika anda membuat halaman bisnis anda di Facebook, anda dapat melihat bahwa halaman bisnis dilengkapi dengan sejumlah tab yang dapat disesuaikan. Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis anda. Selain itu Facebook juga memiliki tab selamat datang yang dapat menyertakan link ke segala macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar. Jadi, anda dapat menggunakan semua tab ini untuk bisnis anda.

2) Tujuan dari Halaman Bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya. Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda.

3) Mengubah Urutan Tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab
Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan. Jika Anda memiliki lebih dari satu halaman bisnis, sangat penting untuk memiliki urutan tab Facebook yang berbeda untuk halaman yang berbeda.

4) Konsistensi dalam Posting Konten: anda juga harus menjagakons istensi dalam posting isi halaman bisnis anda. Jika anda membuat halamandan menampilkan tentang hal yang sama maka halaman tersebut tidak akanmenghasilkan apa-apa. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan
dan fitur-fitur  platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perluberkomitmen mengenai kehadiran anda di media sosial ini.

5) Tetapkan Tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan
ribuanpenggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis denganpuluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untukpencapaian yang besar di masa mendatang. Apabila kemudian andamendapatkan hasil diluar ekpektasi anda, syukurilah, anda berarti sudah berada di jalur yang tepat.

6) Luangkan sedikit Waktu anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu anda,paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis andadan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.

7) Pelajari sebanyak yang Anda bisa: Ambil catatan berdasarkanpengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis lainnya -setidaknya, tulislah pertanyaan tentang hal-hal yang Anda tidak mengertisehingga Anda dapat membuat catatan untuk dapat anda lihat jika nantidiperlukan. Anda dapat mencari banyak informasi dengan search engine google,yahoo atau bing atau bisa juga bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing.

8) Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkannya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata-kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.

9) Buatlah Halaman Fanpage bukan Profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis anda. Setelah anda buat fanpage, undanglah semua teman-temananda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook anda.

10) Update Status Dengan Yang Keren-keren: Update-lah status facebookfanpage anda dengan status keren dan cerdas yang bisa mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuatstatus facebook anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda:
Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik "Like" padahalaman Anda, danusahakan menanggapi pesan dan postingan di dindingpaling lama 24 Jam. Perhatikan baik-baik apa yangdilontarkan atau yang disarankan oleh fans halaman facbook bisnis anda, dari sana anda akan mebuat fanspage lebih aktif dan berkembang.

11) Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam diemail atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika anda ikut ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status anda.

12) Promo Kupon Diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminatpembeli anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempatanda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis anda.

13) Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai
 macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat anda, yang tidak bisa didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar. 

4. Pemasaran menggunakan Media Video 
Mengkonversi data teks dan gambar dapat dilakukan dengan beberapa cara untuk menjadikan artikel tersebut menjadi bentuk video. Cara yang palingtradisional adalah dengan membuat presentasi powerpoint dari artikel asli, yangpada dasarnya mengubah teks artikel ke dalam slideshow animasi. Gambar yangrelevan akan ditambahkan ke slide dan suara akan direkam selama setiap slide untuk menciptakan narasi voice-over untuk video.
Dapat juga kita lakukan dengan menggunakan software presentasi online(dengan syarat koneksi internet cukup bagus, antara 512kbps – 1024kbps),seperti terdapat dalam alamat http://www.powtoon.com  yang memerlukanregistrasi sebagai pengguna, atau dapat kita lakukan login dengan akun email ataupun akun  facebook yang telah kita miliki sebelumnya.

Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untuk
mengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut;
  • Avidemux (http://avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux)
  • Blender (http://www.blender.org/download// - linux, windows, mac)
  • Cinelerra (http://cinelerra.org/getting_cinelerra.php - linux )
  • Kdenlive (http://kdenlive.org/ - linux, mac)
  • Kino (http://www.kinodv.org/article/static/1 - linux)
  • LiVES ()
  • OpenShot (http://www.openshot.org/download - linux)
  • VirtualDub (http://www.virtualdub.org/download.html)  
  • VirtualDubMod (http://www.videohelp.com/tools/VirtualdubMOD) 
  • Debugmode Wax () 
  • Lightworks (http://www.lwks.com)  
  • Pinnacle Videospin (http://videospin.en.softonic.com)  
  • Smartpixel () 
  • VideoThang () 
  • Windows Movie Maker (http://www.windows-movie-maker.org/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar