BAB 6 Iklan Pay Per Click (PPC)



 Iklan Pay Per Click (PPC)

1. Konsep Pay per Click
Ay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem  pengiklanan menggunakan  media  internet, dimana  pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan  pada  halaman  web.  Cara  beriklan  biaya  per  klik,  paling  sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga  pada  iklan banner,  direktori  belanja  seperti  Nextag  dan  Shopping.com. Ada  beberapa  langkah  jika Anda ingin  beriklan  menggunakan  biaya  per  klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.

Sedangkan  langkah-langkah  yang  dilakukan  oleh  penyedia  iklan  biaya  per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan  iklan  sesuai  dengan  permintaan  pencarian(kata kunci)  atau
    kriteria yang lain.
c. Menentukan  peringkat  atau  posisi  iklan  berdasarkan  tawaran  maksimum
    pengiklan  dan  keterkatian/relevansi  iklan  yang  meliputi  klik  per
    tayang(click-through  rate [CTR]),  salinan  iklan,  kata  kunci  dan  halaman
    arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
d. konteks  sosial,  yang  memungkinkan  pengguna  lain untuk  melihat  iklan
    yang ditampilkan oleh teman kita.

Ketika  kalian  membuat  sebuah  iklan  teks  PPC,  kalian  akan  dibatasi  dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak  ada  klaim  "terbaik",  "nomor  satu"  atau  superlatif  dapat  digunakan
    kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan. 
d. konteks  sosial,  yang  memungkinkan  pengguna  lain untuk  melihat  iklan
    yang ditampilkan oleh teman kita.

2. Optimasi PPC
Bagaimana Anda mengetahui iklan Anda bekerja dengan baik? Apakah iklan yang  Anda  buat  sudah  bekerja  optimal?  Untuk  menjawab  hal  tersebut  ada beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.
a. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika  kalian  akan  beriklan  menggunakan  PPC  maka  mesin  pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata  kunci  yang  tepat.  Sebagai  gambaran  pada  Google  AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa  pun,  serta  beberapa  variasi  kata  kunci  (salah  eja  dan  sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match")  berarti  iklan  Anda  akan  muncul  hanya  untuk  istilah  pencarian  yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama  persis, dilambangkan  dengan  tanda  kurung  siku  ([sama  persis]), berarti  iklan  tersebut  hanya  akan  muncul  untuk  istilah  pencarian  sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan  negatif,  dilambangkan  dengan  menggunakan  tanda dash di depan  kata  kunci(-negatif),  berarti  iklan  Anda  tidak akan  muncul  dalam pencarian  menggunakan  kata  itu,  tidak  peduli  apa  kata-kata  lain  yang digunakan.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau  disebut  geo-targeting,  Penargetan  ini  bertujuan  agar kalian  tahu  bahwa lalu  lintas website yang  kalian  miliki  berasal  dari  pengguna  internet  yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas akses yang tidak diinginkan atau diluar area penargetan iklan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook,  iklan  dapat  ditargetkan  berdasarkan  profil  orang(demografi), pengaturan  dan  perilaku  yang  dilakukan  di  Facebook.  Kalian  dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Google  khususnya  sering  bereksperimen  dengan  cara-cara  menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi  Iklan  menawarkan  cara  untuk  mendapatkan  informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan  standar.  Saat  ini,  Google  menawarkan  lima  ekstensi  Iklan  PPC  teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan  lokasi  untuk  iklan  lokal  memungkinkan  untuk  menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun  AdWords  dan  Bisnis  Lokal(  www.google.com/local  )  perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks  Iklan  memungkinkan  untuk  menampilkan  hingga  empat  link, masing-masing  link  dengan  tujuan  URL  yang  berbeda.  Untuk  Link  teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan  telepon  memungkinkan  Anda  untuk  menampilkan  nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan  untuk  meninjau web untuk  menampilkan  peringkat  dari  informasi bersama-sama  dengan  iklan  teks.  Hal  ini  sangat  berguna  jika  Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang  pengiklan  PPC  harus  menentukan  nilai  maksimum  pembayaran setiap  iklan  yang  diklik  dan  memutuskan  nilai  tawaran  tersebut  untuk  setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click)  maksimum,  atau  CPC Maks,  Setiap  kali  permintaan  pencarian  data dimasukkan,  mesin  pencari  menjalankan lelang  untuk  menentukan  iklan  mana  yang akan  ditampilkan  berdasarkan  penawaran tertinggi,  lokasi  dan  kata  kunci.  Lelang  ini dikenal  sebagai Generalised  Second  Price (GSP),  yang  merupakan  variasi  pada  lelang Vickrey.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain  seperti  relevansi,  tujuannya  adalah  mencoba  memastikan  bahwa  tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika  tidak  maka  pencari  informasi  akan  cenderung kurang  atau  tidak  sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci.  Proses  berlanjut  setelah  seorang  pengguna  internet  mengklik  iklan. Halaman  yang  pengakes  iklan tuju, dengan  mengklik  sebuah  iklan  disebut halaman  arahan.  Halaman  arahan  dapat  membuat  atau  menghancurkan kampanye  iklan. Penyebabnya buruk  dalam  tampilan  dan  target  yang  tidak
jelas.  Kampanye  PPC  akan  mengirim  semua  pengguna  ke  halaman  depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman  yang  relevan  dengan  apa  yang  konsumen  inginkan.  Mengirimkan pengguna  ke  halaman  rumah  memberikan  mereka  banyak  pilihan  lain  untuk memilih.  Sebagai  contoh,  jika  seseorang  mencari  "  Canon  EOS  450D  ", Pengiklan  yang  kurang  baik  akan  mengirimkan  konsumen ke www.canon.co.uk.  Sebuah  kampanye  yang  lebih  baik  akan  mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL:
www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450D/index.asp
h. Pelacakan
Bagaimana  Anda  mengetahui  konsumen  mengakses/mengklik  iklan  yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan  konversi  yang  tepat.  Pelacakan  konversi  biasanya  dilakukan dengan  pixel  pelacakan  kecil  yang  ada  di  konversi  halaman  konfirmasi  dari website.  Google  AdWords  menawarkan  konversi  tag  pelacakan,  yang
memungkinkan  Anda  untuk  melaporkan  pada  AdWords  kampanye  melalui konversi.  Dalam  rangka  untuk  melacak  banyak  jaringan  lain,  diperlukan, pelacakan  pihak  ketiga  misalnya  www.wordtracker.com.  Jika  Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat  menggunakan  pelacakan  kampanye  untuk  melacak  dan  melaporkan
kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana merek beriklan.
4) Bagaimana  konsumen  mengetahui  dan  mencari  tahu  akan  produk  yang kita tawarkan
5) Apakah  tujuan website yang  Anda  buat?  Menjual  produk  lebih banyak?Mendidik  konsumen  akan  produk?meningkatkan  kesadaran  akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?.
b) Anggaran
Tentukan  seberapa  banyak  Anda  bersedia  menghabiskan  anggaran  untuk mencapai  tujuan  Anda(biaya  per action).  Putuskan  berapa  banyak  anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi. Ketika  Anda  melaksanakan  sebuah  iklan  PPC  agar  Anggaran  Anda  dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan  melakukan  penawaran  untuk  berada  di  posisi  teratas,  selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap  ditayangkan  dan  ada  kemungkinan  di  klik  sehingga  biaya  yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan  waktu.  Anda  harus  mengatur  iklan  Anda  tampil  pada  waktu yang  tepat  dan  jam  yang  tepat  pula  contoh  kalau  Anda  menjual  produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan  lokasi.  Pastikan  Anda mengatur  lokasi  sesuai  dengan  target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci
Anda  perlu  menentukan  kata  kunci  apa  yang  konsumen  cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu.
(1). Kesalahan  ejaan  yang  umum  dan  biasa  terjadi  saat  pelanggan memasukan kata kunci.
(2). Kata-kata  apa  yang  akan  menunjukkan  bahwa  mereka  tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan  tool  untuk  analisis  kata  kunci.  Ada  sejumlah  alat  yang akan  membantu  Anda  dalam  mengembangkan daftar kata kunci,  dan menentukan  volume  kata  kunci.  Ada  yang  gratis  dan  ada  pula  yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/
c) Memilih platform PPC
Ada  beberapa  teori  bahwa  platform  PPC  yang  berbeda  lebih  baik  untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian  besar  pengiklan  besar  biasanya  akan  menjalankan  kampanye PPC  pada  sejumlah  platform.  Ada  beberapa  perbedaan  kecil  setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka  pengguna  yang  berbeda.  Google  AdWords  mungkin  yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata  uang  pilihan  mereka,  serta  menawarkan program  pelatihan  dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh  dunia,  meskipun  penargetan  geografis  adalah  yang  ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan  platform  selanjutnya  membuat  akun  dan  iklan  yang  ingin ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan  yang  Anda  buat  harus  di  uji  untuk  mengetahui  tingkat keberhasilannya.  Setelah  proses  pengujian  dan  iklan  Anda  mulai  tayang Iklan  tersebut  perlu  dilacak  dan  diukur  untuk  mengetahui  tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords). Salah  satu  mesin  pencari  terbaik  saat  ini  adalah  Google,  Dengan  mesi pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan
sesuai dengan kata kunci. Dengan  Adwords,  iklan  dapat  tampil  pada  area yang  telah  ditentukan, anggaran dapat  disesuaikan (tanpa  ada  kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang  dengan  tepat, saat mereka menelusuri  apa  yang ditawarkan  di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat
seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan toko roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi  tersebut,  dan  saat  seseorang  yang  tinggal  atau  berlibur  ke  sana menelusuri  Google  untuk  mencari  "roti  khas  bandung",  maka  iklan  akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa  hal  penting  yang  membedakan  AdWords  dari jenis  periklanan lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan  Anda  akan  ditampilkan  kepada  orang-orang  yang  telah menelusuri  jenis  produk dan  layanan  yang  Anda  tawarkan.  Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords  menjangkau  80%  pengguna  Internet  di  Amerika.  Itu merupakan  pangsa  pasar  yang  besar serta  mesin  pencari  Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda  hanya  dikenakan  biaya  saat  seseorang  mengklik  iklan,  bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda  memutuskan  jumlah  (banyak  atau  sedikit)  yang  ingin dibelanjakan  setiap  bulannya  dan  Anda  tidak  akan  ditagih  melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat  laporan  mengenai  kinerja  iklan  Anda,  lihat  berapa  banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords Untuk  memahami  cara  kerja  AdWords,  Ada  beberapa  elemen  dasar  yang harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata  kunci  adalah  kata  atau  frasa yang  Anda  pilih untuk dapat  memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Misalnya,  jika  Anda  menawarkan  pengiriman  roti  buaya,  Anda  dapat menggunakan  "pengiriman  roti  buaya"  sebagai  kata  kunci  di  kampanye AdWords. Saat seseorang menelusuri Google dengan menggunakan frasa "pengiriman roti buaya" atau istilah yang serupa, iklan Anda dapat muncul di  samping  hasil  penelusuran  Google.  Iklan  Anda  juga  dapat  muncul  di website lainnya dalam jaringan Google yang berkaitan dengan pengiriman roti  buaya. Dengan  membuat  daftar  kata  kunci  yang  relevan  dengan
produk  atau  layanan  Anda  dan  memastikan  kata  kunci  tersebut  spesifik (misalnya,  "pengiriman roti  buaya",  bukan  hanya  "roti"),  biasanya  Anda dapat  menampilkan  iklan  kepada  orang-orang  yang  paling  berminat dengan  produk  atau  layanan  Anda.  Ini  meningkatkan  kinerja  iklan  Anda
dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat. Beberapa  hal  yang  harus Anda  lakukan  ketika  memilih  kata  kunci  untuk kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
Sebelum  Anda  mulai  memilih  kata  kunci  untuk  kampanye PPC, pastikan  bahwa  grup  iklan  untuk  setiap  kampanye  diatur  menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan  kata  kunci  yang  menggambarkan  produk  atau  layanan  yang Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan kata  kunci  tersebut  yang  dapat  Google  tampilkan  kepada  pelanggan saat  mereka  berada  di website yang  terkait  dengan  produk  atau layanan  Anda.  Anda  dapat  membuat  akun  Anda  tertata  dengan  lebih baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan Anda.
b) Pilih kata kunci yang  akan  digunakan  pelanggan  untuk mendeskripsikan  produk  atau  layanan  dan  kata  kunci  yang  berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat  kelompok  yang  terdiri  atas  lima  sampai  20  kata  kunci  yang terkait  erat  satu  sama  lain  dan  dengan  iklan  dalam  grup  iklan tersebut.  Kata kunci  dengan  dua  atau  tiga kata  (frasa)  cenderung berfungsi paling efektif.
(3) Pilih  kata  kunci  yang  terkait  satu  sama  lain.  Misalnya,  jika  Anda menjual  bunga,  Anda  mungkin  ingin  menambahkan  "mawar"  dan "cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci  Anda  dapat  menampilkan  iklan  kepada  pelanggan  yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan Anda.
(5) Jika  Anda  memiliki brand yang  kuat  dan  dikenal  dengan  baik, sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat di  seluruh  web,  bergantung  pada  cara  Anda  menargetkan  iklan,  kepada siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. Sebelum Anda memilih  tempat  menampilkan  iklan,  cobalah  untuk  berpikir  seperti pelanggan.  Apa  yang  mereka  sukai? Apa  kebiasaan  mereka?  Di  mana lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka? sehingga Anda  mampu menjangkau  pelanggan  dengan  iklan  Anda  secara  optimal. Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata  kunci  dapat  memicu  iklan  Anda  agar  muncul  pada  hasil penelusuran  Google  dan website penelusuran  lainnya.  Namun,  kata kunci  juga  dapat  memicu  iklan  Anda  agar  tampil  di website lain  di seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display. Jaringan Display merupakan  kumpulan website mitra  dan website Google  tertentu, termasuk  Gmail,  Blogger, NYTimes.com,
Families.com. dan  YouTube yang  menampilkan  iklan  AdWords. Jaringan  ini  juga  meliputi website dan  aplikasi  seluler  yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila  Anda  menggunakan  kata  kunci  untuk  menargetkan  iklan,  Anda memilih  sekumpulan  kata  kunci  yang  terkait  dengan  produk  atau layanan  yang  ingin  diiklankan. Lalu,  saat  orang-orang  menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google penelusuran,  Google belanja,  Google maps,  Google gambar,  dan Google  grup  saat  seseorang  menelusuri  kata  kunci  Anda.
(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman
penelusuran yang relevan lainnya.
(3) Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. Berikut ini contoh iklan kue mangkuk di penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam  posisi  seperti  apa,  Jika  beberapa pengiklan  menggunakan  kata kunci  yang  sama  untuk  memicu  iklan  mereka  atau  ingin  iklan  mereka tampil  pada  website  yang  sama.  Bagaimana  Google  menentukan?  iklan
mana  yang  akan  muncul  dan  dalam  urutan  seperti  apa?  Ini  dilakukan secara otomatis, berdasarkan Peringkat Iklan. Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan  beredar  melalui  halaman hasil  penelusuran  berdasarkan  Peringkat Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di halaman  hasil  penelusuran.  Iklan  dengan  Peringkat  Iklan  tertinggi  kedua muncul  di  bawahnya,  dan  begitu  seterusnya. Saat  pengguna menjelajahi halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku untuk  menentukan  lokasi  iklan  layak  tampil. Adapun  penempatan  iklan berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi berhak  tampil  di posisi teratas,  asalkan  iklan  melampaui  ambang tawaran  biaya  per  klik  (BPK)  dan  Angka  Mutu.  Maksimal  tiga  iklan dapat tampil di posisi teratas setiap halaman.
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping atau  bawah halaman  hasil penelusuran  dicatat  sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya  tidak  pernah  muncul pada  penempatan  samping  atau bawah  biasanya  layak  muncul  di bagian  samping  atau  bawah. Misalnya,  jika  iklan  muncul  di  sisi Laman  1,  iklan  biasanya  tidak  akan muncul  di  sisi  Laman  2  atau berikutnya.
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran  dan  Angka  Mutu   dapat  bekerja  berbeda  di  berbagai  jenis kampanye.  Dengan iklan  bertarget  kata  kunci  di  Google  dan  mitra penelusurannya,  tawaran  Anda  akan  menjadi  tawaran  biaya  per  klik maksimum  Anda,   jumlah  maksimum  yang  bersedia  Anda  bayar  untuk
setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas  halaman  yang  dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan,  yang disesuaikan  untuk  posisinya  di halaman tersebut  dan  beberapa  faktor lainnya. Untuk  iklan  bertarget  penempatan  di  Google  Display  Network  yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi, tetapi umumnya tetap sama.

Setiap  kali  seseorang  melakukan  penelusuran  yang  memicu  iklan  Anda, Google  menghitung  Angka  Mutu.  Untuk  menghitung  Angka  Mutu  ini, Google  memperhatikan  berbagai  hal  yang  terkait  dengan  akun  Anda. Dengan  meningkatkan  faktor-faktor  berikut,  Anda dapat  membantu
meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda. RKT  yang  diharapkan  didasarkan  sebagian  pada  RKT sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa  sering  Anda menerima klik dengan URL tayangan.
c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci di akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda  relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa  relevan  kata  kunci dengan iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa  relevan  kata  kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan.
g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa  baik  kinerja  iklan Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ).
i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet. Angka  Mutu  digunakan  dalam  beberapa  cara  dan  dapat  mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi  menghasilkan  BPK  yang  lebih  rendah.  Hal  itu  berarti  Anda membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka  Mutu yang  lebih  tinggi  menghasilkan  taksiran  tawaran halaman pertama yang  lebih  rendah.  Hal  itu  berarti  iklan  Anda  semakin  mudah  untuk tampil  di halaman pertama  hasil  penelusuran  bila  kata  kunci  Anda
memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian atas halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka
Mutu yang lebih tinggi.
e) Posisi iklan. Angka  Mutu  yang  lebih  tinggi  menghasilkan  posisi  iklan yang  lebih  tinggi.  Itu  artinya  iklan  Anda  dapat  tampil  lebih  tinggi  di halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website. Karena  Peringkat  Iklan  adalah  fungsi  dari  Angka  Mutu  Anda,  Angka Mutu  yang  lebih  tinggi  dapat  meningkatkan  kemungkinan  iklan  Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Bila  lampu  di  rumah  Anda  pernah  mati  karena  lupa  membayar  tagihan listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan pembayaran otomatis, Anda menyiapkan  bentuk  pembayaran  di  akun  dan  biaya  akan  dibayarkan secara  otomatis.  Ini  membantu  memastikan  bahwa  iklan  Anda  selalu
berjalan meskipun listrik Anda mati. Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda  akan  ditagih  dalam  satu  dari  dua  skenario:  30  hari  setelah
pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Bila  Anda  ingin  membayar  iklan  sebelum  iklan  berjalan  dan  memiliki anggaran  biaya  yang  tidak  pasti, setelan  ini  mungkin  cocok  untuk  Anda. Dengan  setelan  pembayaran  manual,  Anda  melakukan  pembayaran dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda. Cara kerjanya, Anda  melakukan  pembayaran  ke  akun AdWords sebelum iklan  berjalan.  Lalu  saat  iklan  berjalan, biaya  iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu Anda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau.
3) Faktur  bulanan yaitu  membayar  menggunakan  batas  kredit  seperti
pembayaran kartu kredit. Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang  digunakan  Google  untuk  menambah  batas  kredit  untuk  Anda  atas biaya  iklan  dan  Anda  menerima  faktur  setiap  bulan  yang  Anda bayar dengan  cek  atau  transfer.  Anda  melakukan  pembayaran  sesuai  dengan
persyaratan  dan  ketentuan  yang  Anda  setujui  saat  mendaftar  ke  faktur bulanan. Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur bulanan  bila  bisnis  Anda  memenuhi  persyaratan  tertentu.  Persyaratan tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords  memberi  Anda  kontrol  terhadap  biaya  iklan.  Tidak  ada  jumlah minimum  yang  harus  Anda  belanjakan.  Anda  menetapkan  anggaran  harian rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali  seseorang  menelusuri  Google,  AdWords  menjalankan  lelang  untuk menentukan  iklan  yang  tampil  di halaman hasil  penelusuran,  serta peringkatnya  di halaman.  Untuk  menempatkan  iklan  dalam  lelang  ini,  Anda harus  terlebih  dulu  memutuskan  untuk  jenis  tindakan  pelanggan  apa  Anda akan  membayar.  Misalnya,  Anda  mungkin  memilih  untuk membayar  atas tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google menyarankan  metode  penawaran  BPS  jika  Anda  ingin  meningkatkan kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda
setelah mengklik salah satu iklan Anda. Ini  dikenal  sebagai  tawaran  biaya  per  akuisisi  atau  BPA.  Google menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran
e. Alat pembayaran
Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang  ke  Google.  Masing-masing  negara  menawarkan  bentuk  pembayaran yang  berbeda,  jadi  pastikan  untuk  memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuan
Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk  melihat  apakah  iklan  mematuhi kebijakan periklanan Google.

1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang  didesain  dengan  tujuan  utamanya  semata-mata  untuk menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang  tidak  memberikan  konten unik  dan  berharga  bagi pengguna.
2) Masalah teknis pada website Anda
a) Perangkat lunak perusak (website yang  terinfeksi  perangkat  lunak perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang  menyertakan halaman "pintu" yang  tujuan  utamanya  mengarahkan  pengunjung  ke website yang berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan  bisnis  yang  tampak  menipu  atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang  menjual  item  atau layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang  menyiratkan  afiliasi,  kemitraan,  atau hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan  proses  checkout  yang  tidak memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang  mempromosikan  produk  tidak  asli  dalam upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan  dapat  berjalan,  namun  tidak  pada  semua situasi  karena  pembatasan  kebijakan  seperti  kebijakan  seputar penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada  semua  situasi  karena  pembatasan  pada  konten  yang  Google anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan  dapat  berjalan,  namun  tidak  pada  semua situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan  Anda  masih  ditinjau  dan  tidak  dapat ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan  video  belum  disetujui  untuk muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan  tidak  dapat  berjalan  sebagaimana  mestinya karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video, dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)". Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
5. Menggunakan Adwords
Untuk beriklan dengan Google AdWords, Anda perlu memiliki website sendiri untuk promosi. Iklan online Anda akan ditautkan ke website ini dan Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk memberi tahu lebih banyak tentang bisnis  Anda  kepada  pelanggan.  Jika  belum  memiliki website,  Anda  dapat membuatnya  secara  gratis  menggunakan  Google  Sites.  Jika  Anda  tidak menginginkan website,  opsi  alternatifnya  adalah  membuat halaman Google Business  Places. Halaman ini  dapat  dibuat  dalam  waktu  5  menit  dan memberikan informasi kontak, jam operasi, dan lainnya kepada pelanggan.
a) Membuat website dengan Google Sites
Google  Sites  adalah  aplikasi  online  gratis  yang  menjadikan  pembuatan website semudah  mengedit  dokumen.  Anda  dapat  mengubah sesuaikan website sesuai  keinginan,  dan  bahkan  mengunggah  gambar  yang  terkait dengan  bisnis  atau  layanan  Anda.  Lalu,  Anda  dapat  menggunakan  URL website itu  dalam  iklan  AdWords  sehingga  calon  pelanggan  diarahkan  ke
website tersebut saat mengklik iklan Anda. Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk  dengan  Akun  Google  Anda.  Jika  Anda  tidak  memiliki  akun,  klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara  otomatis  dalam  kotak.  (Perhatikan:  Saat  Anda  membuat  akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah
dasar.
1) Membuat akun
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi beranda  AdWords  di https://adwords.google.com.  Proses  ini  sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda telah menggunakan produk Google lainnya  atau  Anda  baru  menggunakan  Google. Jika Anda  sudah
menggunakan  produk  Google  lainnya. Apabila Anda  sudah  memiliki Akun  Google  misalnya  Gmail,  Anda  dapat menggunakan  alamat  surat elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
(c) Pilih  negara  dan  zona  waktu  yang  Anda  inginkan  untuk  akun  Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata  uang  ini  dan  ini  juga akan  digunakan  pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari  surat  elektronik verifikasi  di  alamat email yang  baru  saja  Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
2) Membuat iklan pertama
Setelah  Anda  membuat  akun  dan  mengonfirmasikan  email,  Google  akan mengarahkan Anda langsung ke halaman tempat Anda dapat menyatukan iklan  pertama.  Ini  adalah  kesempatan  Anda  untuk  menjadi  kreatif.  Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, menentukan anggaran, membuat iklan, dan memilih beberapa kata atau frasa (Google menyebutnya sebagai kata  kunci)  yang  dapat  membuat  iklan  tampil  di  samping  konten  yang paling sesuai (misalnya, iklan dapat muncul di samping hasil penelusuran Google atau di website mitra Google).
3) Mengaktifkan  akun. Jika  akun  sudah  didaftarkan  maka  otomatis  akun Anda  telah  dapat  digunakan.  Anda  hanya  perlu login saja dengan  cara buka browser Anda  lalu  ketikan  pada address  bar www.google.com/adwords,  kemudian  masukan  ID email dan  kata sandi(password) Anda.
6. Aplikasi Pembuat Banner
Banner adalah  sebuah  gambar  atau  animasi  yang  ditampilkan  pada  sebuah web  untuk  tujuan  periklanan. Banner statis  dengan  format  GIF  atau  JPEG, tetapi banner juga  dapat  menggunakan  media  lannya  seperti  Flash,  video, JavaScript,  HTML5  dan  teknologi  interaktif  lainnya.  Teknologi  interaktif memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dan bertransaksi dalam banner.
Terdapat ukuran  standar  untuk banner,  baik banner statis  atau  dinamis. Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner 20px x 20px dengan besar file 50 KiloByte. Ukuran banner dapat dilihat pada Gambar 6.28.
Untuk  membuat banner anda  dapat menggunakan  aplikasi-aplikasi  pengolah gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator.
Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada www.bannersnack.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar