Iklan Pay Per Click (PPC)
1. Konsep Pay per Click
Ay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga pada iklan banner, direktori belanja seperti Nextag dan Shopping.com. Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau
kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum
pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per
tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman
arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan
yang ditampilkan oleh teman kita.
Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan
kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan
yang ditampilkan oleh teman kita.
2. Optimasi PPC
Bagaimana Anda mengetahui iklan Anda bekerja dengan baik? Apakah iklan yang Anda buat sudah bekerja optimal? Untuk menjawab hal tersebut ada beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.
a. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas akses yang tidak diinginkan atau diluar area penargetan iklan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak
jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL:
www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450D/index.asp
h. Pelacakan
Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang
memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan
kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana merek beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?.
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi. Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu.
(1). Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci.
(2). Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords). Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesi pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan
sesuai dengan kata kunci. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat
seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan toko roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ke sana menelusuri Google untuk mencari "roti khas bandung", maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Misalnya, jika Anda menawarkan pengiriman roti buaya, Anda dapat menggunakan "pengiriman roti buaya" sebagai kata kunci di kampanye AdWords. Saat seseorang menelusuri Google dengan menggunakan frasa "pengiriman roti buaya" atau istilah yang serupa, iklan Anda dapat muncul di samping hasil penelusuran Google. Iklan Anda juga dapat muncul di website lainnya dalam jaringan Google yang berkaitan dengan pengiriman roti buaya. Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan
produk atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik (misalnya, "pengiriman roti buaya", bukan hanya "roti"), biasanya Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling berminat dengan produk atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda
dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat. Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC, pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut yang dapat Google tampilkan kepada pelanggan saat mereka berada di website yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Anda dapat membuat akun Anda tertata dengan lebih baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan Anda.
b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif.
(3) Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda menjual bunga, Anda mungkin ingin menambahkan "mawar" dan "cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan Anda.
(5) Jika Anda memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. Sebelum Anda memilih tempat menampilkan iklan, cobalah untuk berpikir seperti pelanggan. Apa yang mereka sukai? Apa kebiasaan mereka? Di mana lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka? sehingga Anda mampu menjangkau pelanggan dengan iklan Anda secara optimal. Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website penelusuran lainnya. Namun, kata kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil di website lain di seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display. Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website Google tertentu, termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com,
Families.com. dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila Anda menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda memilih sekumpulan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin diiklankan. Lalu, saat orang-orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google penelusuran, Google belanja, Google maps, Google gambar, dan Google grup saat seseorang menelusuri kata kunci Anda.
(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman
penelusuran yang relevan lainnya.
(3) Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. Berikut ini contoh iklan kue mangkuk di penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama. Bagaimana Google menentukan? iklan
mana yang akan muncul dan dalam urutan seperti apa? Ini dilakukan secara otomatis, berdasarkan Peringkat Iklan. Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan beredar melalui halaman hasil penelusuran berdasarkan Peringkat Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di halaman hasil penelusuran. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi kedua muncul di bawahnya, dan begitu seterusnya. Saat pengguna menjelajahi halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku untuk menentukan lokasi iklan layak tampil. Adapun penempatan iklan berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi berhak tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaui ambang tawaran biaya per klik (BPK) dan Angka Mutu. Maksimal tiga iklan dapat tampil di posisi teratas setiap halaman.
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping atau bawah halaman hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya tidak pernah muncul pada penempatan samping atau bawah biasanya layak muncul di bagian samping atau bawah. Misalnya, jika iklan muncul di sisi Laman 1, iklan biasanya tidak akan muncul di sisi Laman 2 atau berikutnya.
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk
setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor lainnya. Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi, tetapi umumnya tetap sama.
Setiap kali seseorang melakukan penelusuran yang memicu iklan Anda, Google menghitung Angka Mutu. Untuk menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu
meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda. RKT yang diharapkan didasarkan sebagian pada RKT sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa sering Anda menerima klik dengan URL tayangan.
c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci di akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan.
g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa baik kinerja iklan Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ).
i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet. Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan BPK yang lebih rendah. Hal itu berarti Anda membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman pertama yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil di halaman pertama hasil penelusuran bila kata kunci Anda
memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian atas halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka
Mutu yang lebih tinggi.
e) Posisi iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan yang lebih tinggi. Itu artinya iklan Anda dapat tampil lebih tinggi di halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website. Karena Peringkat Iklan adalah fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Bila lampu di rumah Anda pernah mati karena lupa membayar tagihan listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan pembayaran otomatis, Anda menyiapkan bentuk pembayaran di akun dan biaya akan dibayarkan secara otomatis. Ini membantu memastikan bahwa iklan Anda selalu
berjalan meskipun listrik Anda mati. Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari setelah
pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Bila Anda ingin membayar iklan sebelum iklan berjalan dan memiliki anggaran biaya yang tidak pasti, setelan ini mungkin cocok untuk Anda. Dengan setelan pembayaran manual, Anda melakukan pembayaran dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda. Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu Anda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau.
3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti
pembayaran kartu kredit. Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang digunakan Google untuk menambah batas kredit untuk Anda atas biaya iklan dan Anda menerima faktur setiap bulan yang Anda bayar dengan cek atau transfer. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan
persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat mendaftar ke faktur bulanan. Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur bulanan bila bisnis Anda memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang harus Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri Google, AdWords menjalankan lelang untuk menentukan iklan yang tampil di halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar. Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google menyarankan metode penawaran BPS jika Anda ingin meningkatkan kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda
setelah mengklik salah satu iklan Anda. Ini dikenal sebagai tawaran biaya per akuisisi atau BPA. Google menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran
e. Alat pembayaran
Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuan
Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk melihat apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang tidak memberikan konten unik dan berharga bagi pengguna.
2) Masalah teknis pada website Anda
a) Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu" yang tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan kebijakan seperti kebijakan seputar penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten yang Google anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan Anda masih ditinjau dan tidak dapat ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan video belum disetujui untuk muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video, dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)". Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
5. Menggunakan Adwords
Untuk beriklan dengan Google AdWords, Anda perlu memiliki website sendiri untuk promosi. Iklan online Anda akan ditautkan ke website ini dan Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk memberi tahu lebih banyak tentang bisnis Anda kepada pelanggan. Jika belum memiliki website, Anda dapat membuatnya secara gratis menggunakan Google Sites. Jika Anda tidak menginginkan website, opsi alternatifnya adalah membuat halaman Google Business Places. Halaman ini dapat dibuat dalam waktu 5 menit dan memberikan informasi kontak, jam operasi, dan lainnya kepada pelanggan.
a) Membuat website dengan Google Sites
Google Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan website semudah mengedit dokumen. Anda dapat mengubah sesuaikan website sesuai keinginan, dan bahkan mengunggah gambar yang terkait dengan bisnis atau layanan Anda. Lalu, Anda dapat menggunakan URL website itu dalam iklan AdWords sehingga calon pelanggan diarahkan ke
website tersebut saat mengklik iklan Anda. Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah
dasar.
1) Membuat akun
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com. Proses ini sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda telah menggunakan produk Google lainnya atau Anda baru menggunakan Google. Jika Anda sudah
menggunakan produk Google lainnya. Apabila Anda sudah memiliki Akun Google misalnya Gmail, Anda dapat menggunakan alamat surat elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
(c) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari surat elektronik verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
2) Membuat iklan pertama
Setelah Anda membuat akun dan mengonfirmasikan email, Google akan mengarahkan Anda langsung ke halaman tempat Anda dapat menyatukan iklan pertama. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi kreatif. Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, menentukan anggaran, membuat iklan, dan memilih beberapa kata atau frasa (Google menyebutnya sebagai kata kunci) yang dapat membuat iklan tampil di samping konten yang paling sesuai (misalnya, iklan dapat muncul di samping hasil penelusuran Google atau di website mitra Google).
3) Mengaktifkan akun. Jika akun sudah didaftarkan maka otomatis akun Anda telah dapat digunakan. Anda hanya perlu login saja dengan cara buka browser Anda lalu ketikan pada address bar www.google.com/adwords, kemudian masukan ID email dan kata sandi(password) Anda.
6. Aplikasi Pembuat Banner
Banner adalah sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan. Banner statis dengan format GIF atau JPEG, tetapi banner juga dapat menggunakan media lannya seperti Flash, video, JavaScript, HTML5 dan teknologi interaktif lainnya. Teknologi interaktif memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dan bertransaksi dalam banner.
Terdapat ukuran standar untuk banner, baik banner statis atau dinamis. Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner 20px x 20px dengan besar file 50 KiloByte. Ukuran banner dapat dilihat pada Gambar 6.28.
Untuk membuat banner anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator.
Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada www.bannersnack.com.
Ay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga pada iklan banner, direktori belanja seperti Nextag dan Shopping.com. Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau
kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum
pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per
tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman
arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan
yang ditampilkan oleh teman kita.
Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan
kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan
yang ditampilkan oleh teman kita.
2. Optimasi PPC
Bagaimana Anda mengetahui iklan Anda bekerja dengan baik? Apakah iklan yang Anda buat sudah bekerja optimal? Untuk menjawab hal tersebut ada beberapa faktor yang perlu kalian perhatikan yaitu.
a. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan. Misalnya, Kalian hanya ingin iklan untuk pencarian bahasa Inggris di Asia, atau bahasa Inggris pencarian di Indonesia. Maka kalian tidak perlu membayar atas akses yang tidak diinginkan atau diluar area penargetan iklan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi. Dengan Iklan Facebook, iklan dapat ditargetkan berdasarkan profil orang(demografi), pengaturan dan perilaku yang dilakukan di Facebook. Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link, masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini dikenal sebagai Generalised Second Price (GSP), yang merupakan variasi pada lelang Vickrey.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan. Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan. Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak
jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ", Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke halaman yang dituju dengan URL:
www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450D/index.asp
h. Pelacakan
Bagaimana Anda mengetahui konsumen mengakses/mengklik iklan yang ditayangkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda perlu menggunakan pelacakan konversi yang tepat. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang
memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan, pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan
kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who, why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana merek beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?.
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi. Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu, Anda perlu tahu.
(1). Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci.
(2). Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif, Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords). Salah satu mesin pencari terbaik saat ini adalah Google, Dengan mesi pencari Google, Anda dapat mencari informasi apa saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai dengan iklan yang ditawarkan
sesuai dengan kata kunci. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau orang-orang dengan tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat
seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan toko roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ke sana menelusuri Google untuk mencari "roti khas bandung", maka iklan akan ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya. Misalnya, jika Anda menawarkan pengiriman roti buaya, Anda dapat menggunakan "pengiriman roti buaya" sebagai kata kunci di kampanye AdWords. Saat seseorang menelusuri Google dengan menggunakan frasa "pengiriman roti buaya" atau istilah yang serupa, iklan Anda dapat muncul di samping hasil penelusuran Google. Iklan Anda juga dapat muncul di website lainnya dalam jaringan Google yang berkaitan dengan pengiriman roti buaya. Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan
produk atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik (misalnya, "pengiriman roti buaya", bukan hanya "roti"), biasanya Anda dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling berminat dengan produk atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda
dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat. Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC, pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan kata kunci tersebut yang dapat Google tampilkan kepada pelanggan saat mereka berada di website yang terkait dengan produk atau layanan Anda. Anda dapat membuat akun Anda tertata dengan lebih baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan Anda.
b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif.
(3) Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda menjual bunga, Anda mungkin ingin menambahkan "mawar" dan "cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak cokelat.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan Anda.
(5) Jika Anda memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. Sebelum Anda memilih tempat menampilkan iklan, cobalah untuk berpikir seperti pelanggan. Apa yang mereka sukai? Apa kebiasaan mereka? Di mana lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka? sehingga Anda mampu menjangkau pelanggan dengan iklan Anda secara optimal. Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website penelusuran lainnya. Namun, kata kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil di website lain di seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display. Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website Google tertentu, termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com,
Families.com. dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila Anda menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda memilih sekumpulan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin diiklankan. Lalu, saat orang-orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google penelusuran, Google belanja, Google maps, Google gambar, dan Google grup saat seseorang menelusuri kata kunci Anda.
(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman
penelusuran yang relevan lainnya.
(3) Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. Berikut ini contoh iklan kue mangkuk di penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama. Bagaimana Google menentukan? iklan
mana yang akan muncul dan dalam urutan seperti apa? Ini dilakukan secara otomatis, berdasarkan Peringkat Iklan. Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan beredar melalui halaman hasil penelusuran berdasarkan Peringkat Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di halaman hasil penelusuran. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi kedua muncul di bawahnya, dan begitu seterusnya. Saat pengguna menjelajahi halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku untuk menentukan lokasi iklan layak tampil. Adapun penempatan iklan berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi berhak tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaui ambang tawaran biaya per klik (BPK) dan Angka Mutu. Maksimal tiga iklan dapat tampil di posisi teratas setiap halaman.
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping atau bawah halaman hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya tidak pernah muncul pada penempatan samping atau bawah biasanya layak muncul di bagian samping atau bawah. Misalnya, jika iklan muncul di sisi Laman 1, iklan biasanya tidak akan muncul di sisi Laman 2 atau berikutnya.
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk
setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor lainnya. Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi, tetapi umumnya tetap sama.
Setiap kali seseorang melakukan penelusuran yang memicu iklan Anda, Google menghitung Angka Mutu. Untuk menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagai hal yang terkait dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu
meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci Anda. RKT yang diharapkan didasarkan sebagian pada RKT sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa sering Anda menerima klik dengan URL tayangan.
c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci di akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda relevan, transparan, dan mudah untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang ditelusuri pelanggan.
g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda targetkan.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa baik kinerja iklan Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ).
i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet. Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan BPK yang lebih rendah. Hal itu berarti Anda membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman pertama yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil di halaman pertama hasil penelusuran bila kata kunci Anda
memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian atas halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka
Mutu yang lebih tinggi.
e) Posisi iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan yang lebih tinggi. Itu artinya iklan Anda dapat tampil lebih tinggi di halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website. Karena Peringkat Iklan adalah fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan iklan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Bila lampu di rumah Anda pernah mati karena lupa membayar tagihan listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan pembayaran otomatis, Anda menyiapkan bentuk pembayaran di akun dan biaya akan dibayarkan secara otomatis. Ini membantu memastikan bahwa iklan Anda selalu
berjalan meskipun listrik Anda mati. Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari setelah
pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Bila Anda ingin membayar iklan sebelum iklan berjalan dan memiliki anggaran biaya yang tidak pasti, setelan ini mungkin cocok untuk Anda. Dengan setelan pembayaran manual, Anda melakukan pembayaran dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda. Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu Anda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda mau.
3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti
pembayaran kartu kredit. Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang digunakan Google untuk menambah batas kredit untuk Anda atas biaya iklan dan Anda menerima faktur setiap bulan yang Anda bayar dengan cek atau transfer. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan
persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat mendaftar ke faktur bulanan. Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur bulanan bila bisnis Anda memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang harus Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri Google, AdWords menjalankan lelang untuk menentukan iklan yang tampil di halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda akan membayar. Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google menyarankan metode penawaran BPS jika Anda ingin meningkatkan kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda
setelah mengklik salah satu iklan Anda. Ini dikenal sebagai tawaran biaya per akuisisi atau BPA. Google menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran
e. Alat pembayaran
Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan persetujuan
Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk melihat apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang tidak memberikan konten unik dan berharga bagi pengguna.
2) Masalah teknis pada website Anda
a) Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu" yang tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan kebijakan seperti kebijakan seputar penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten yang Google anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan Anda masih ditinjau dan tidak dapat ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan video belum disetujui untuk muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video, dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)". Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
5. Menggunakan Adwords
Untuk beriklan dengan Google AdWords, Anda perlu memiliki website sendiri untuk promosi. Iklan online Anda akan ditautkan ke website ini dan Anda dapat menggunakannya sebagai peluang untuk memberi tahu lebih banyak tentang bisnis Anda kepada pelanggan. Jika belum memiliki website, Anda dapat membuatnya secara gratis menggunakan Google Sites. Jika Anda tidak menginginkan website, opsi alternatifnya adalah membuat halaman Google Business Places. Halaman ini dapat dibuat dalam waktu 5 menit dan memberikan informasi kontak, jam operasi, dan lainnya kepada pelanggan.
a) Membuat website dengan Google Sites
Google Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan website semudah mengedit dokumen. Anda dapat mengubah sesuaikan website sesuai keinginan, dan bahkan mengunggah gambar yang terkait dengan bisnis atau layanan Anda. Lalu, Anda dapat menggunakan URL website itu dalam iklan AdWords sehingga calon pelanggan diarahkan ke
website tersebut saat mengklik iklan Anda. Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah
dasar.
1) Membuat akun
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com. Proses ini sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda telah menggunakan produk Google lainnya atau Anda baru menggunakan Google. Jika Anda sudah
menggunakan produk Google lainnya. Apabila Anda sudah memiliki Akun Google misalnya Gmail, Anda dapat menggunakan alamat surat elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
(c) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari surat elektronik verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
2) Membuat iklan pertama
Setelah Anda membuat akun dan mengonfirmasikan email, Google akan mengarahkan Anda langsung ke halaman tempat Anda dapat menyatukan iklan pertama. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi kreatif. Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, menentukan anggaran, membuat iklan, dan memilih beberapa kata atau frasa (Google menyebutnya sebagai kata kunci) yang dapat membuat iklan tampil di samping konten yang paling sesuai (misalnya, iklan dapat muncul di samping hasil penelusuran Google atau di website mitra Google).
3) Mengaktifkan akun. Jika akun sudah didaftarkan maka otomatis akun Anda telah dapat digunakan. Anda hanya perlu login saja dengan cara buka browser Anda lalu ketikan pada address bar www.google.com/adwords, kemudian masukan ID email dan kata sandi(password) Anda.
6. Aplikasi Pembuat Banner
Banner adalah sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan. Banner statis dengan format GIF atau JPEG, tetapi banner juga dapat menggunakan media lannya seperti Flash, video, JavaScript, HTML5 dan teknologi interaktif lainnya. Teknologi interaktif memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dan bertransaksi dalam banner.
Terdapat ukuran standar untuk banner, baik banner statis atau dinamis. Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner 20px x 20px dengan besar file 50 KiloByte. Ukuran banner dapat dilihat pada Gambar 6.28.
Untuk membuat banner anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator.
Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada www.bannersnack.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar